Prinsip – Prinsip Dasar Investasi, Investasi vs Menabung, dan Investasi vs Trading

19 Sep 2024 Linda Aryani

Prinsip – Prinsip Dasar Investasi, Investasi vs Menabung, dan Investasi vs Trading

          Jika berbicara mengenai investasi dan menabung, kebanyakan orang akan menganggap hal ini merupakan kegiatan yang sama, tetapi realitanya investasi dan menabung jelas berbeda mulai dari segi tujuan, potensi risiko, jenis transaksi dan tempat transaksi. Perbedaan tersebut bisa Sobat Profits baca seperti dibawah ini.

A. Investasi VS Menabung

          Selain itu dalam hal berinvestasi Sobat Profits harus pahami prinsip dasar investasi supaya bisa mencapai tujuan keuangan dan memiliki perencanaan keuangan yang baik dalam mengambil keputusan berinvestasi. Berikut ini prinsip dasar investasi yang dapat Sobat Profits terapkan pada saat memulai berinvestasi.

B. Prinsip – Prinsip Dasar Investasi

    1. Pada saat melakukan investasi, Sobat Profits wajib menggunakan uang dingin (uang yang tidak dipergunakan untuk kebutuhan sehari-hari).
    2. Kenali profil risiko diri sendiri.
    3. Pahami dan pelajari jenis instrumen investasi yang akan dipilih dalam berinvestasi.
    4. Tentukan tujuan, target dan strategi investasi.
    5. Jangan menempatkan seluruh dana investasi pada satu jenis instrumen investasi (don’t put your eggs in one basket).
    6. Disiplin melakukan target investasi baik target keuntungan yang ingin didapat maupun risiko yang bisa diterima.

          Jika Sobat Profits berinvestasi di Pasar Modal pada instrumen investasi saham  terdapat dua strategi yang bisa Sobat Profits sesuaikan dengan tujuan dan profil risiko Sobat Profits. Berikut ini perbedaan investasi dan trading yang bisa Sobat Profits pahami.

C. Investasi VS Trading

          Saat Sobat Profits berinvestasi di Pasar Modal pada instrumen investasi saham, ada dua cara yang dapat Sobat Profits lakukan untuk mendapatkan keuntungan, yakni dengan cara investasi dan trading. Berikut ini perbedaan investasi dan trading yang dapat Sobat Profits pahami.

          Pada tabel diatas Sobat Profits bisa melihat bahwa investasi dan trading memiliki perbedaan dari sisi jangka waktu, prinsip, strategi, dan metode analisis. Dimana ketika Sobat Profits berinvestasi jangka waktu yang dibutuhkan adalah jangka panjang, tetapi jika Sobat Profits trading jangka waktu yang dibutuhkan adalah jangka pendek. Prinsip ketika Sobat Profits berinvestasi adalah buy & hold sedangkan ketika trading adalah buy & sell. Strategi dalam berinvestasi berfokus pada fundamental suatu perusahaan, berbeda dengan trading berfokus pada sentimen pasar yang sedang terjadi dan pergerakan harga saham. Sementara itu metode analisis yang digunakan pada saat investasi menggunakan analisa fundamental sedangkan pada saat trading metode analisis yang digunakan adalah analisis teknikal.

 

By Phintraco Sekuritas | Education

“Personal Touch For Your Investment Journey”

  • Disclaimer On

Penulis : Riska Novi Cahyani

Editor   : Khoirrun Nisa