Research

PHINTAS Weekly Report 19 Agustus 2019

Indeks-indeks regional dibuka positif di awal pekan ini (19/8), menyusul penguatan indeks-indeks Wall Street di akhir pekan kemarin (16/8). Penguatan tersebut dipicu oleh rebound pada yield obligasi jangka panjang Pemerintah AS (16/8). Sebelumnya, U.S. 30-year Treasury yield dan U.S. 10-year Treasury yield sempat melemah ke level terendahnya dalam beberapa tahun terakhir pada perdagangan Kamis (15/8). Hal tersebut sempat memicu kepanikan di Wall Street dan hampir di seluruh pasar modal.

 

Meski dibayangi sentimen negatif eksternal diatas, IHSG cenderung sideways sepanjang pekan kemarin. Salah satu faktor yang menopang IHSG adalah antisipasi Investor terhadap pidato kenegaraan Presiden RI, Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR (16/8). Salah satu poin yang menarik adalah penegasan rencana pemindahan ibu kota dari DKI Jakarta ke Pulau Kalimantan. Hal tersebut memicu penguatan signifikan saham-saham property related yang direfleksikan oleh penguatan sektor property sebesar 3.95% sepanjang pekan lalu.

 

Oleh sebab itu, sentimen atau euforia yang sama diperkirakan masih memicu berlanjutnya penguatan harga saham emiten-emiten property related terutama kontraktor, diantaranya WIKA, WSKT dan PTPP. Selain itu, cermati peluang buy on support pada saham-saham bank jelang pelaksanaan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia pada 22 Agustus 2019.

Top