Research

PHINTAS Weekly Report 30 November 2020

Sepanjang pekan lalu (27/11) indeks-indeks di Wall Street cenderung menguat. Optimisme pelaku pasar terhadap perkembangan positif dari penelitian vaksin COVID-19 oleh beberapa perusahaan farmasi menjadi salah satu pemicu penguatan tersebut (27/11). Sentimen positf lain adalah perkembangan positif dari proses transisi pemerintahan ke Presiden AS terpilih, Joe Biden. Masih dari AS, rilis data Durable Goods periode Oktober 2020 yang menunjukan peningkatan juga di respon positif oleh pelaku pasar di AS.

Mendapatkan arahan positif dari Wall Street, IHSG juga cenderung bergerak menguat pada perdagangan pekan lalu (27/11). Keputusan Tiongkok untuk membuka izin impor batubara menjadi sentimen positif bagi saham-saham tambang pada pekan lalu (27/11). Selain itu, aksi bargain hunting pelaku pasar asing terhadap saham-saham infrastructure related seperti TLKM, PGAS dan EXCL juga turut memicu penguatan IHSG pada pekan kemarin (27/11).

Mempertimbangkan sentimen positif global dan domestik, tren penguatan IHSG diperkirakan masih akan berlanjut pada pekan ini, meski potensi koreksi wajar tetap ada. Rilis data Purchasing Manager Index (PMI) Manufaktur Tiongkok periode November yang menunjukan peningkatan diperkirakan akan menjadi sentimen positif bagi IHSG, khususnya di awal pekan ini (30/11). Dari dalam negeri, pelaku pasar juga akan menantikan rilis data PMI Manufaktur Indonesia November 2020.

 

Top