Research

PHINTAS Shares Review 20 July 2020

IHSG [Resistance : 5100] [Pivot : 5000] [Support : 4850]

Sepanjang pekan lalu (17/7), indeks-indeks di Wall Street bergerak beragam dengan mayoritas menguat. Perkembangan positif penelitian vaksin COVID-19 menjadi sentimen positif bagi mayoritas indeksi di Wall Street. Sentimen lain yang mempengaruhi pergerakan indeks-indeks Wall Street adalah peningkatan intensitas ketegangan geopolitik antara AS dengan Tiongkok yang dikhawatirkan menganggu potensi negosiasi dagang lanjutan diantara kedua negara.

Searah dengan pergerakan Wall Street, IHSG juga bergerak sideways dengan kecenderungan menguat pada pekan lalu (17/7). Hasil Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) yang menetapkan penurunan suku bunga acuan sebesar 25 bps menjadi 4.00% menjadi sentimen positif bagi IHSG pada pekan lalu (17/7). Masih dari dalam negeri, rilis data Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) Juni 2020 yang mengindikasikan  peningkatan aktivitas perdagangan internasional juga menjadi sentimen positif bagi IHSG pada pekan lalu (17/7).

Mempertimbangkan sentimen domestik dan global, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat pada hari ini (20/7). Menguatnya harga Crude Palm Oil (CPO) sepanjang pekan lalu (17/7) dapat menjadi sentimen positif bagi IHSG pada hari ini (20/7). Seiring dengan sentimen tersebut, pelaku pasar dapat mencermati saham-saham agrikultur khususnya yang berhubungan dengan CPO seperti LSIP dan AALI.

 

Top