Research

PHINTAS Weekly Report 13 July 2020

Tanpa arahan yang solid, indeks-indeks di Wall Street bergerak sideways dengan kecenderungan menguat sepanjang pekan lalu (10/7). Pergerakan Wall Street yang cenderung sideways di picu oleh kekhawatiran pelaku pasar terhadap kelangsungan usaha beberapa perusahaan yang berhubungan dengan pariwisata seperti Delta Airlines dan Royal Caribean. Hal tersebut menyusul pertumbuhan kasus COVID-19 secara global yang mencatatkan peningkatan signifikan pada pekan lalu (10/7).

Berbeda dengan Wall Street, IHSG cenderung bergerak menguat pada perdagangan pekan lalu (10/7). Upaya pemerintah melalui Kementerian Keuangan untuk meningkatkan likuiditas bank BUKU 4 non BUMN serta bank BUMD seperti BJBR dan BJTM menjadi sentimen positif bagi IHSG sepanjang pekan lalu. Masih dari dalam negeri, pelaku pasar juga mencermati realisasi penerimaan pajak periode 1H-2020.

Mempertimbangkan sentimen global dan domestik, IHSG diperkirakan akan bergerak sideways dengan kecenderungan menguat pada hari ini (13/7). Seiring penguatan tersebut, investor dapat mencermati saham-saham perbankan seperti BBRI, BBNI, BMRI dan BBCA yang dapat dilakukan trading buy. Waspadai pelemahan saham-saham Industri Dasar terutama yang berhubungan dengan kertas seperti INKP dan TKIM. Meredanya euforia larangan penggunaan kantong plastik berpotensi memicu aksi profit taking pelaku pasar terhadap kedua saham tersebut pada hari ini (13/7).

 

Top