Research

PHINTAS Weekly Report 16 September 2019

Indeks regional mayoritas dibuka melemah pada awal perdagangan Senin (16/9), diantaranya ASX200 (-0.28%) dan KOSPI (-0.17%). Pelemahan tersebut dipicu oleh ketagangan geopolitik di kawasan Timur Tengah menyusul penyerangan fasilitas produksi minyak milik Aramco di Abqaqi, Arab Saudi akhir pekan lalu. Diserangnya fasilitas produksi di Abqaqi memicu berkurangnya supply minyak dari Arab Saudi hingga 50%, sehingga memicu penguatan harga minyak dunia sebesar 13.58% pada perdagangan hari ini (16/9).

 

Sepanjang pekan lalu pergerakan IHSG cenderung menguat terbatas pada level 6330. Penguatan tersebut dipicu oleh rencana negosiasi dagang antara AS dan Tiongkok yang akan dilaksanakan pada Oktober 2019. Presiden Trump mempertimbangkan negosiasi dagang yang bersifat sementara. Selain negosiasi dagang, pelonggaran kebijakan moneter oleh European Central Bank (ECB) juga menjadi katalis positif bagi IHSG. Pasalnya, ECB memangkas suku bunga deposit facility sebesar 10bps menjadi –0.50%. Selanjutnya, Bank of England dan the Fed dijadwalkan mengumumkan kebijakan moneter terbarunya pada pekan ini.

 

Terkait sentimen di atas, IHSG diperkirakan melemah dengan rentang perdagangan 6250-6400. Perhatikan sektor tambang yang memproduksi minyak dan gas seperti MEDC dan ELSA. Menguatnya harga minyak dunia diperkirakan dapat mendorong penguatan saham tersebut.

Top