Research

PHINTAS Weekly Report 2 September 2019

Indeks regional, diantaranya Nikkei (-0.30%), ASX200 (-0.26%) dan KOSPI (-0.31%) dibuka melemah pada perdagangan Senin (2/9). Pelemahan tersebut dipicu oleh tarif impor yang diberlakukan oleh Presiden AS, Donald Trump kepada sejumlah produk asal Tiongkok. Terkait hal tersebut, Presiden Donald Trump telah mengimbau kepada perusahaan manufaktur AS yang berada di Tiongkok untuk kembali berproduksi di AS. Merespon hal tersebut, perusahaan manufaktur AS mencari alternatif produksi ke negara-negara ASEAN, diantaranya Vietnam, Indonesia dan Malaysia. Sebagai informasi, sebelum memanasnya hubungan dagang antara AS dan Tiongkok beberapa perusahaan AS sudah menunda untuk berproduksi di Tiongkok. Hal tersebut dipicu oleh perekonomian Tiongkok yang melambat dan biaya tenaga kerja yang mulai meningkat.

 

Sepanjang pekan lalu pergerakan IHSG cenderung sideways. Pergerakan tersebut dipicu oleh beberapa isu, terutama terkait perang dagang antara AS dan Tiongkok. IHSG sempat menguat di akhir pekan lalu, seiring dengan pernyataan Kementrian Perdagangan Tiongkok yang tidak akan melakukan tindakan balasan terhadap kebijakan tarif yang diberlakukan oleh AS.

 

Terkait dengan sentimen di atas, IHSG diprediksi melemah dengan rentang perdagangan 6350-6200 pada hari ini (2/9). Sektor yang menarik untuk diperhatikan pada perdagangan hari in (2/9) adalah sektor tambang, terutama produsen emas seperti NIKL, ANTM dan MEDC.

Top