Research

PHINTAS Weekly Report 5 Agustus 2019

Sengketa dagang antara AS-Tiongkok dan Jepang-Korea Selatan memicu pelemahan signifikan indeks-indeks regional di awal pekan ini (5/8). Pagi ini (5/8), Nikkei (-1.11%) dan KOSPI (-1.14%) melemah lebih dari 1%, menyusul pelemahan signifikan indeks-indeks Wall Street di akhir pekan lalu (2/8).

 

Kabar terbaru menyatakan bahwa Presiden AS, Donald Trump menolak keberatan yang disampaikan oleh hampir seluruh anggota trade team terkait rencana penerapan tarif sebesar 10% terhadap produk-produk AS senilai US$300 miliar. Tarif tersebut akan mulai diberlakukan pada 1 September 2019. Sementara sengketa dagang Jepang-Korea Selatan berawal dari keputusan Jepang untuk mengeluarkan Korea Selatan dari daftar negara yang memperoleh minimum trade restrictions. Hal ini dikhawatirkan memicu aksi balasan dari Korea Selatan.

 

Masih terkait perang dagang, Investor di Indonesia masih mengantisipasi dampak perang dagang terhadap laju pertumbuhan ekonomi Indonesia. Sebagai informasi, BPS dijadwalkan merilis data pertumbuhan ekonomi Q2-2019 Indonesia pada hari ini (5/8). Sebelumnya, Investor memperoleh motivasi psikologis dari pertumbuhan realisasi investasi sebesar 13.7% yoy menjadi Rp200.5 triliun pada Q2-2019. Oleh sebab itu, pergerakan IHSG pada pekan ini akan dipengaruhi atau ditentukan oleh data pertumbuhan ekonomi Q2-2019. Berdasarkan konsensus yang dihimpun CNBC Indonesia, pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan 5.05% yoy di Q2-2019.

Top