Saham adalah tanda penyertaan modal seseorang atau pihak (badan usaha) dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas. Dengan menyertakan modal tersebut, maka pihak tersebut memiliki klaim atas pendapatan perusahaan, klaim atas asset perusahaan, dan berhak hadir dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).


Perusahaan yang sahamnya diperjualbelikan di PT Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah Perusahaan Tercatat.


Saham merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi untuk jangka panjang. Dengan membeli saham perusahaan, maka kita menjadi pemilik perusahaan tersebut (Investor Saham).

Manfaat investasi saham secara umum dapat dikelompokan dalam dua jenis yaitu manfaat yang bersifat material (Dividend dan Capital Gain) dan non-material. Salah satu manfaat dari investasi saham yang bersifat non-material adalah meningkatkan kemampuan dalam mengolah informasi dan data yang tersedia guna menghasilkan sebuah keputusan yang tepat.


Capital Gain : Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital Gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 8.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 9.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 1.500 untuk setiap saham yang dijualnya.


Dividend : Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Dividen yang dibagikan perusahaan dapat berupa dividen tunai (setiap pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham) atau dividen saham (setiap pemegang saham diberikan dividen sejumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut).

Capital Loss : Merupakan kebalikan dari Capital Gain, yaitu suatu kondisi dimana investor menjual saham lebih rendah dari harga beli.


Risiko Likuidasi : Perusahaan yang sahamnya dimiliki, dinyatakan bangkrut oleh Pengadilan, atau perusahaan tersebut dibubarkan. Dalam hal ini hak klaim dari pemegang saham mendapat prioritas terakhir setelah seluruh kewajiban perusahaan dapat dilunasi (dari hasil penjualan kekayaan perusahaan). Jika masih terdapat sisa dari hasil penjualan kekayaan perusahaan tersebut, maka sisa tersebut dibagi secara proporsional kepada seluruh pemegang saham. Namun jika tidak terdapat sisa kekayaan perusahaan, maka pemegang saham tidak akan memperoleh hasil dari likuidasi tersebut. Kondisi ini merupakan risiko yang terberat dari pemegang saham. Untuk itu seorang pemegang saham dituntut untuk secara terus menerus mengikuti perkembangan perusahaan.

Risk dapat didefinisikan sebagai kemungkinan perbedaan antara return actual yang diterima dengan return yang diharapkan; Return dapat didefinisikan sebagai faktor yang memotivasi investor untuk berinvestasi dan merupakan imbalan atas keberanian investor menanggung resiko atas investasi yang dilakukannya. Hubungan keduanya dapat dijelaskan dengan konsep Risk and Return Trade-off yang dkembangkan oleh Harry Markowitz.


Konsep ini memberikan pilihan pada investor antara menerima kemungkinan resiko yang rendah atau memperoleh potensi return yang tinggi yang tentu saja keduanya memiliki konsekuensinya masing-masing. Dengan menanggung kemungkinan resiko yang rendah, maka return potensial yang mungkin diperoleh juga rendah. Sementara itu, dengan mengharapkan return potensial yang tinggi, maka harus siap menanggung kemungkinan resiko yang tinggi pula.

Keamanan adalah prioritas utama kami. Phintraco Sekuritas akan berupaya setiap saat untuk memastikan data pribadi Anda akan dilindungi dari akses, pemrosesan atau penghapusan tidak sah atau disengaja. Kami menjaga komitmen kami terhadap keamanan data dengan menerapkan langkah-langkah fisik, elektronik dan pengelolaan yang memadai dalam menjaga dan mengamankan data pribadi Anda.


Area pengamanan situs web kami mendukung penggunaan protokol Secure Socket Layer (SSL) dan 128-teknologi enkripsi - suatu standar industri untuk enkripsi pada Internet dalam melindungi data. Server web kami dilindungi di belakang "firewalls" dan sistem kami dimonitor untuk mencegah adanya akses yang tidak sah.


Jaminan Keamanan : Baik Anda maupun Phintraco Sekuritas berperan penting dalam perlindungan terhadap penipuan secara online. Anda harus berhati-hati agar Rekening Efek Anda termasuk Kode Akses PROFITS (User ID, Password dan PIN Trading) Anda terlindungi dengan memastikan bahwa Anda tidak membagikan, memberikan atau memfasilitasi penggunaannya yang tidak sah, baik secara sadar maupun tidak. Jangan memberikan Kode Akses Anda atau mengizinkan akses atau penggunaan Kode Akses tersebut oleh orang lain.

Informasi data nasabah dan terkait data transaksi nasabah yang dimiliki oleh Phintraco Sekuritas akan dijaga kerahasiaannya namun Phintraco Sekuritas dapat memberikan informasi tersebut kepada Otoritas sesuai ketentuan yang berlaku.

Pelaksanaan perdagangan Efek di Bursa diakukan dengan menggunakan fasilitas JATS NEXT-G. Perdagangan Efek di Bursa hanya dapat dilakukan oleh Anggota Bursa (AB) yang juga menjadi Anggota Kliring KPEI. Setiap penawaran jual dan/atau permintaan beli Efek yang sudah dikirim dan diterima melalui Aplikasi Perusahaan akan mendapat konfirmasi berupa Order ID dan Trade ID dari Bursa. Perusaahaan bertanggung jawab terhadap seluruh transaksi yang dilakukan di Bursa baik untuk kepentingan sendiri maupun untuk kepentingan nasabah.


Silakan menghubungi Call Center kami pada jam kerja Perusahaan di +021 2555 6111. Customer Service Agent kami siap membantu Anda untuk dihubungkan ke Dealer Online kami

Untuk menjadi Nasabah di Phintraco Sekuritas, Anda harus mengisi dengan lengkap Formulir Pembukaan Rekening Efek dan Formulir Rekening Dana Nasabah (RDN) serta melampirkan dokumen pendukung yang disyaratkan Perusahaan. Setelah semua lengkap kembalikan semua dokumen ke Perusahaan atau Kantor Cabang terdekat atau ke Galeri Investasi BEI yang bekerja sama di Phintraco Sekuritas.

Syarat dan ketentuan menjadi Nasabah di Phintraco Sekuritas adalah : 1. Mengisi Formilir Pembukaan Rekening Efek lengkap (termasuk Formulir RDN)
2. Melampirkan dokumen pendukung yang disyaratkan
3. Melakukan deposit dana ke Rekening Dana Nasabah (RDN) minimal Rp100ribu.

Syarat menjadi Nasabah Online adalah :
1. Memiliki KTP
2. Memiliki email pribadi dan nomor HP pribadi yang aktif dan valid
3. Memiliki rekening bank pribadi yang aktif

Dokumen pendukung yang disyaratkan :
1. Copy kartu identitas (KTP untuk WNI, Paspor untuk WNA) : 2 lembar
2. Copy NPWP (jika ada) : 2 lembar
*Istri dapat melampirkan fotokopi NPWP suami
*Mahasiswa dapat melampirkan fotokopi NPWP Orang Tua
3. Copy halaman depan buku tabungan : 2 lembar

Segera setelah semua Formulir Pembukaan Rekening, Formulir Rekening Dana Nasabah (RDN) dan dokumen pendukung lengkap, Perusahaan akan memproses regritrasi Anda. Setelah itu, Anda akan memperoleh Email Konfirmasi Persetujuan dan Kode Akses Profits (User ID, Password dan PIN). Email Pemberitahuan Nomor Rekening Dana Nasabah (RDN). Pada saat itu Anda diminta segera melakukan deposit dana awal minimal Rp100ribu supaya bisa bertransaksi menggunakan Akun Profits Anda.

Anda memperoleh fasilitas Free Training, Free SMS Alarm dan Free Market Info. Tidak hanya itu, Anda juga memperoleh Free Update Informasi Pasar dan Rekomendasi Saham dari Tim Riset Perusahaan secara berkala.

Silakan menghubungi Call Center kami pada jam kerja Perusahaan di +021 2555 6111 atau email ke cs@phintracosekuritas.com. Customer Service Agent kami siap membantu Anda.

Top